Selamat Datang di Halaman Blog Saya, Semoga Bermanfaat..

Minggu, 20 Maret 2011

Mengenal Sedikit Trick Bermain Skateboard

Kalau kita melihat permainan skateboard, banyak sekali atraksi-atraksi ekstrem yang menuntut teknik tinggi. Trik bermain skateboard terus dikembangkan sehingga memunculkan berbagai variasi unik dan menarik. Tak heran, permainan ini semakin populer dan banyak diminati kalangan remaja Indonesia.
Ada beberapa trik bermain skateboard yang populer dan sering dipertunjukkan dalam atraksi, di antaranya adalah sebagai berikut.


1.    Ollie
Trik Ollie termasuk gerakan dasar yang harus dikuasai oleh pemain skateboard, berupa gerakan lompatan biasa. Trik ini menjadi dasar bagi gerakan lain yang lebih rumit. Dipopulerkan pertama kali oleh Alan Gelfand pada 1977.
Cara melakukan gerakan Ollie, adalah dengan berdiri di atas papan skateboard, letakkan kaki depan sedikit di belakang truck depan, kemudian lutut sedikit ditekuk. Setelah itu, kaki belakang menolak kuat-kuat ke bawah pada bagian tail skateboard. Ikuti dengan gerakan melompat.
Kaki depan berfungsi untuk membawa papan skateboard melompat. Caranya dengan menggerakkan kaki sedikit ke dalam. Tarik lutut setinggi-tingginya hingga hampir menyentuh dagu, sementara papan skateboard tetap melekat pada kaki.
Badan juga bisa difungsikan untuk menambah tenaga lompatan, yakni dengan cara membungkuk pada saat manuver lompatan, dan mulai ditegakkan pada saat posisi melayang. Perhatikan posisi pundak dan badan tetap berada pada titik keseimbangan sehingga memudahkan pendaratan.
Jangan lupa menekuk lutut kembali saat pendaratan untuk meminimalisir suspensi. Gerakan menekuk lutut tersebut cukup penting untuk diperhatikan karena berfungsi menyerap getaran dan menghindari cedera.
Gerakan Ollie bisa dilakukan pada posisi skateboard diam atau saat meluncur. Beberapa orang menganggap saat meluncur lebih mudah untuk berlatih Ollie, karena tenaga luncur membantu memaksimalkan tenaga lompat. Namun, beberapa orang menganggap lebih mudah pada posisi diam karena sulit menciptakan momentum manuver lompat yang tepat.

2.    Kickflip
Trik Kickflip pada dasarnya adalah gerakan membalik papan skateboard dengan cara menendang pinggir nose sisi belakang saat papan sedang melayang di udara. Trik ini ditemukan oleh Rodney Mullen, dan merupakan pengembangan dari trik Ollie. Dengan kata lain, untuk bisa memainkan Kickflip, seseorang harus menguasai lebih dulu trik Ollie.

Awalnya, Kickflip disebut dengan nama magic flip karena gerakannya yang menyihir dan membentuk putaran 360 derajat. Ada juga yang menyebutnya Ollieflip dan Ollie Kickflip, yang kemudian secara singkat disebut Kickflip.

3.    Smithgrind
Trik ini merupakan trik yang paling diminati para pemain skateboard, yakni berupa Ollie yang dilakukan pada posisi papan meluncur, menuju ke landasan yang ada di depan. Diperlukan keseimbangan yang baik untuk bisa melakukan gerakan ini.
Melakukan Smithgrind biasanya dimulai dengan kecepatan luncur yang mencukupi, kemudian melakukan gerakan Ollie sebagaimana biasanya, dan mendarat pada rail yang akan di-grind. Perhatian penuh pada rail grind, kemudian saat pemain sedang melayang dalam gerakan Ollie, berat badan ditumpukan ke belakang, truck mengunci pada rail, dan mendarat dengan keempat roda dengan badan tetap berada di atas papan.

4.    Melon
Trik ini dipopulerkan oleh Tony Hawk, berupa gerakan Ollie dengan variasi di mana skaters memegang bagian belakang papan di antara kaki kanan dan kiri. Tony Hawk mula-mula melakukan gerakan ini di ramps dan half pipes. Diperlukan kemahiran tertentu walaupun gerakannya terlihat seperti Ollie biasa, karena gerakan ini sangat bertumpu pada kecepatan dan akurasi gerakan sebelum mendarat dengan tetap menjaga keseimbangan.
 

5.    Trik-Trik Lainnya
Ada beberapa trik lain yang cukup populer juga, merupakan pengembangan dari beberapa trik di atas. Misalnya:
Heelflip, yang hampir menyerupai Kickflip. Bedanya pada sisi yang ditendang berada di depan nose. Boardslide, yang hampir sama dengan gerakan grind, berupa trik sliding di rail menggunakan papan bagian tengah, tegak lurus dengan rail. Stall, Rock to fakie, dan masih banyak lagi variasi gerakan yang lain.

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan:
Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju www.AnneAhira.com Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif.Nama “Anne Ahira” dilindungi oleh Direktorat Jendral HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) Republik Indonesia No.Agenda J00-2007027969

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar